Halaman

Jumat, 10 Agustus 2012

Iblispun Ingin Bertaubat

Baru kemarin ini saya membaca buku dengan judul "Iblispun Ingin Bertaubat" Karangan Umay M. Dja'far Shiddieq...

Harus saya akui, buku ini sangat menyentuh saya sekali. Karena jujur begitu banyak buku yang saya baca tapi kurang dimengerti karena bahasa yang mungkin membingungkan untuk saya ya. tapi membaca buku ini memang sangat mudah dipahami dan menjelaskan banyak hal.

Kisah tentang kecerobohan, penghianatan, perjuangan, pengorbanan dan dedikasi manusia. Diramu dalam satu karya sastra religi yang inspiratif dan menggugah yang akan membawa kita kepada petualangan guna memahami lebih jauh potensi kelemahan dan potensi kelebihan manusia sebagaimana dalam Al Quran

ada beberapa hal yang benar benar membuat saya berpikir bahwa iblis itu akan melakukan segalanya untuk menghancurkan umat manusia.

Salah satu kisah yang diceritakan adalah :

Iblis pernah berkata kepada Nabi Musa AS "Wahai Musa, ingatlah aku dalam tiga hal, maka aku tidak akan pernah mencelakakanmu. Pertama, ingatlah aku ketika kamu marah, karena saat itu aku sedang bercokol di hatimu, mempermainkannya seperti anak kecil mempermainkan bola. saat itu juga aku juga berada di kedua matamu dan aku masuk mengalir mengikuti aliran darahmu. ingatlah bahwa jika kamu marah maka aku meniup hidung manusia sehingga kamu tidak sadar apa yang ia lakukan. Kedua, ingatlah aku ketika kamu bertemu dengan musuhmu di medan jihad. sebab ketika itu aku akan mengingatkanmu mengenai istri, anak dan hartanya yang ia tinggalkan sehingga anda akan berpaling dan lari dari medan jihad. Ketiga, jangan pernah sama sekali dekat dan berdua duaan dengan wanita yang bukan muhram karena pada saat itu aku akan menjadi utusannya kepadamu dan aku menjadi utusanmu kepadanya. itu akan selalu aku lakukan sehingga mereka melakukan hal tercela itu."

adapun didalam buku diceritakan pembicaraan antara Iblis dengan Nabi Muhammad SAW ;

Iblis tertunduk lesu dan dari mulutnya keluar kata kata sebagai berikut :
"Wahai Muhammad sesungguhnya aku datang bukan atas kemauanku sendiri melainkan terpaksa karena diperintah oleh malaikat suruhan Allah Yang Maha Agung untuk memberitahu tipu muslihatku, cara aku menggoda, membujuk dan merayu manusia."

akhirnya terjadilah pembicaraan yang menguak rahasia Iblis

"Siapa orang yang paling kamu benci?"
"Sejujurnya aku katakan kepada anda bahwa orang yang paling aku benci adalah anda, wahai Muhammad kemudian para pengikut agamamu yang lurus"

"siapa lagi?"
"Anak muda yang bertakwa"

"Siapa Lagi?"
"Orang alim yang bisa menjaga diri"

"Siapa lagi?"
"Orang yang terus menerus menjaga dirinya dalam kesucian, juga yang bersih hatinya dari buruk sangka, iri hari banyak bersuci dan bertaubat"

"Siapa lagi?"
"Orang miskin yang sabar, yang tidak mengeluhkan kemiskinanya kepada orang lain,akan tetapi ia hanya mengadukan kemiskinannya kepada Allah. Orang miskin itu sangat dicintai Allah karena kesabarannya"

"Lalu siapa lagi?"
"Orang yang bersyukur, ketika aku melihat dia meletakkan sesuatu pada tempatnya dan mengambil yang halal, tidak tamak, selalu bersedekah, aku tak henti hentinya menggodanya serta menakuti nakuti fakir"

"Bagaimana keadaanmu jika umatku sholat?"
"Aku merasa panas dan gemetar tetapi tetap aku intip dan incar dia agar dapat berpaling"

"Jika mereka puasa?"
"Aku terbelenggu sampai mereka berbuka dan aku ganggu terus sampai dia mengerjakan sesuatu yang membatalkan puasanya"

"Jika mereka membaca Al Quran?"
"Aku meleleh seperti timah meleleh di atas api"

"Jika mereka berzakat?"
"Seakan akan orang itu mengambil gergaji atau kapak dan memotongku menjadi dua"

dan masih banyak lagi yang diceritakan oleh Iblis kepada Nabi Muhammad SAW..


untuk lebih lanjutnya boleh pada dibaca bukunya hehehehe bagus kok (Jadi Promosi gini hehehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar