Halaman

Rabu, 05 September 2012

Kenapa sih ufi dateng sekolahnya pagi terus?

Udah terbiasa saya mendapat pertanyaan seperti itu. Kenapa? Gak mungkin gak ada apa-apanya, semua hal pasti ada alasannya walau terkadang kita gak tau jawabannya.
“kamu tidurnya jam berapa fi?”
“kamu bangun tidur jam berapa fi?”
“berangkat dari rumah jam berapa?”
“ke sini naik apa?”
“perjalanan dari rumah ke sini tuh berapa menit?”
“apasih alasan yang buat kamu dateng pagi, sepagi ini?”
Pertanyaan-pertanyaan itu sering terlontar kepada saya. Pada tema ini saya akan menjelaskan alasan detail kenapa saya bisa dateng pagi ke sekolah. Semua pertanyaan-peranyaan itu mempunyai cerita tersendiri yang akhirnya menjadi kebiasaan yang menurut saya itu baik untuk saya dn yang lainnya.
Berawal sejak kelas 5 MI (Madrasah Ibtidaiyah) atau setara dengan SD (Sekolah Dasar). Masuk kelas 5 saya harus datang pagi, peraturan awal masuk sekolah jam 6.30 WIB. Tapi entah apa alasannya peraturan itu diubah, masuk sekolah menjadi jam 6.15 WIB.  Nah mulai dari sini saya harus bangun lebih pagi dari biasanya supaya gak telat. Padahal bangun seperti biasanya juga pasti gak telat karena jarak dari rumah ke sekolah tuh deket, dianterin pula. Tapi karena ada perasaan was-was takut telat yaaaaa akhirnya harus terus bangun pagi kira-kira jam  4.30, sebelum adzan subuh harus sudah rapi pake seragam sekolah+sarapan, dan setelah jam 5.25 harus sudah berangkat ke sekolah. Kagiatan rutin itu terus berlangsung hingga di MTs (Madrasah Tsanawiyah) atau yang setara dengan SMP (Sekolah Menengah Pertama).
Kebiasaan-kebiasaan itu terus tertanam hingga saya berada di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Bahkan selama di SMK harus bangun lebih pagi lagi, yang sebelumnya jam 4.30 baru bangun sekarang jam 4 harus sudah bangun, jam 4.30 harus sudah rapi berseragam, setelah itu sarapan, sholat tepat waktu, dan berangkat sekolah jam 5.15 WIB. Kalo lewat dari jam segitu berangkatnya, siap-siap kena macet yaaaa. Perjalanan dari rumah kesekolah kalo naik motor dan ngebut hanya 20 menit tapi kalo macet bisa 45 menit. Tapi kalo naik metro (kendaraan umum, pasti pada tau kaaaaan?) dan tidak macet bisa 1 jam, kalo macet yaa 90 menit sampe 2 jam.
Kenapa bisa selama itu? Karena rumah saya di Cakung, bukan cakung timur loh tapi Cakung Barat yang jalan nya menuju ke arah perbatasan Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Macet itu terjadi saat hari kerja.
Semua pertanyaan-pertanyaan itu jadi cerita tersendiri bagi saya.  Apa yang bisa  saya dapat kan dari rutinitas tersebut?  
Bangun pagi menyehatkan badan dan pikiran, sholat tepat waktu, gak kena macet di jalan, dan sampe di sekolah itu paling pertama. itu juga menjadikan saya untuk terbiasa untuk disiplin waktu, selalu prepare dalam segala hal. 
Biasakan hal-hal baik sejak usia dini yuk supaya generasi penerus bangsa itu bisa disiplin waktu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar